HPA International : Produk Halal Tanggung Jawab Bersama

Thibbun Nabawi Herba Penawar Al-Wahida (HPA) : "Produk Halal Tanggung Jawab Bersama"

Selasa, 23 Maret 2010

Diagnosa Telapak Tangan

Beberapa penyakit yang dapat dilakukan diagnosa melalui telapak tangan :

1. Masalah Stress
Faktor pikiran sangat erat kaitannya dengan kesehatan manusia. Apabila seseorang dalam keadaan stress (mengalami tekanan pikiran) tubuh akan mengaluarkan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat melemahkan sistem imuniti. Hormon-hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan mengacaukan metabolisme. Bila stress berlangsung cukup lama dapat menjadi toksin hormonal yang membahayakan tubuh.
Bagi ibu hamil, tekanan pikiran dapat mempengaruhi reaksi dan perkembangan janin yang dikandungnya. Sebuah penelitian mencatat bahwa gerakan tubuh janin meningkat beberapa ratus persen sewaktu ibu mengalami stress. Bayi yang lahir dari ibu yang selalu gundah dan tidak bahagia lebih memungkinkan terjadi premature (lahir sebelum waktunya) atau memiliki berat badan rendah saat lahir, cenderung hiperaktif, rewal, sering menggeliat dan memanifestasikan kesulitan seperti makan tidak teratur, buang air besar secara berlebihan, kembung, mengalami gangguan tidur, cengeng dan ingin selalu mendapat belaian atau dipeluk.

Seseorang yang mengalami tekanan pikiran (stress) biasanya pada telapak tangnnya terdapat tanda-tanda sebagai berikut :
• Terdapat urat-urat berwarna biru atau kehijauan di permukaan telapak tangan; sepanjang jari dan pergelangan tangan.
• Terdapat urat-urat warna biru atau kehijauan yang tampak jelas di betis kaki.

Simptom(gejala) yang biasa muncul pada penderita tekanan pikiran (stress) antara lain : nampak terlalu sedih, gangguan emosi/cepat marah, tidur tidak nyenyak dan kadang-kadang mengalami sakit kepala sebelah (migren).

Stress yang berkepanjangan dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kronis dan degeneratif seperti gangguan jantung, paru-paru dan lain-lain.

2. Masalah Jantung
Yang dimaksud masalah jantung dalam pembahasan ini tidak identik dengan sakit jantung, tatapi lebih mengarah pada gangguan atau kelemahan pada organ tersebut. Misalnya, jantung lemah sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanda-tanda yang tampak pada telapak tangan seseorang yang mengalami masalah jantung antara lain sebagai berikut :
• Jari kelingking bengkok. Keadaan ini biasanya mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam jantung.
• Jari tengah bengkok. Keadaan ini biasanya mengindikasikan adanya permasalahan pada otot pembungkus jantung.
• Telapak tangan berpeluh/berkeringat. Keadaan ini menandakan gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.
• Kuku bergelombang.

Gejala yang muncul pada penderita masalah jantung antara lain : dada kiri terasa sakit, kesemutan pada jari-jari, nyeri seperti ditusuk, mudah terperanjat, berdebar-debar, sukar tidur. Masalah ini ada hubungannya dengan kolesterol atau tingginya kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh dan bila berkepanjangan dapat mengakibatkan serangan tumor.

3. Masalah Kolesterol
Masalah kolesterol hampir menimpa kebanyakan masyarakat modern, diakibatkan oleh pola makan yang kurang memperhatikan kaerah-kaedah kesehatan. Makanan yang banyak mengandung minyak (seperti gorengan), santan kelapa, daging (terutama daging binatang yang diternak menggunakan makanan buatan, seperti ayam potong) merupakan contoh makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Masalah kolesterol sangat erat kaitannya dengan masalah jantung dan kardiowaskuler. Jika dibiarkan kolesterol dapat mengakibatkan munculnya masalah-masalah kesehatan lain yang lebih serius seperti obesitas (kegemukan), migren, hipertensi, stroke dan lain-lain.

Tanda-tanda di telapak tangan seseorang yang mengalami permasalah kolesterol adalah sebagai berikut :
• Ruas ujung jari berwarna lebih merah / lebih gelap dibanding ruas jari di sekitarnya. Semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterol di tubuh semakin tinggi.
• Telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

Simptom (gejala) dari masalah kolesterol adalah gangguan emosi atau cepat marah.

4. Masalah Pernafasan (Alergi, Resdung, Sinusitis)
Alergi, resdung, sinusitis hampir menimpa kebanyakan penduduk Asia. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan masalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda pada telapak tangan seseorang yang mengalami permasalahan ini adalah :
• Terdapat urat-urat berwarna biru/kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari.
• Ibu jari bagian atas kempot. Keadaan ini menandakan berlakunya masalah sinusitis.

Simptom (gejala) dari masalah alergi, resdung, sinusitis adalah bersin-bersin terutama di waktu pagi, rambut rontok, mata sering gatal, kaki pegal-pegal, cepat lelah dan asma. Jika kondisi ini berkepanjangan akan meimbulkan masalah keputihan bagi perempuan, atau ambeien (gangguan prostat) bagi laki-laki.

5. Masalah Hormon Tidak Seimbang
Masalah ketidakseimbangan hormon (imbalance hormone) dapat menyebabkan berkurangnya gairah seksual (tetapi tidak identik dengan impotensi), dan masalah rahim (reproduksi). Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah tiroid, ovary, prostat, uterus,fibroid, endrometritis, dan kanker rahim.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ketidak seimbangan hormon adalah :
• Telapak tangan berwarna merah pucat, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok.
• Telapak tangan licin/kesat dan kulit telapak tangan kering
• Terdapat tanda seperti bulan sabit terbalik hanya dikuku ibu jari menandakan hormon dalam keadaan seimbang. Sebaliknya apabila tanda bulan sabit terbalik tersebut ada di semua kuku, atau ada di kuku-kuku yang lain selain ibu jari menandakan terdapat masalah ketidak seimbangan hormon.
• Jari kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks (lemah sahwat).
• Jari kelingking bengkok (pada wanita) menandakan masalah kesuburan yang rendah.

Simptom (gejala) dari masalah ketidakseimbangan hormon adalah berkurangnya keinginan (gairah) seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam, bahkan depresi.

6. Masalah Kewanitaan (Rahim dan Uterus)
Masalah kewanitaan yang banyak dialami oleh wanita dewasa ini adalah rahim jatuh (prolapsus), keputihan, senggugut, fibroid dan endometrosis. Masalah wanita ini apabila berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kanker rahim.

Selain faktor-faktor tersebut ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang wanita mudah terserang kanker:
• Datang bulan (haid) pada usia di bawah 10 tahun
• Berhenti haid pada usia diatas 50 tahun.
• Tidak melahirkan anak.
• Melahirkan anak pertama pada usia 35 tahun.
• Tidak menyusukan anak.
• Pernah menderita tumor jinak.
• Memiliki garis keturunan yang terserang kanker.
• Pengguna Pil kesuburan (hormon) ataupun KB.

Seseorang yang mengalami masalah kewanitaan biasanya pada telapak tangnnya terdapat tanda-tanda sebagai berikut :
• Jari kelingking meruncing/menirus menandakan masalah rahim /peranakan.
• Jari kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus), jika berkelanjutan akan mengarah pada permasalahan tumor.
• Jari kelingking bengkok, menandakan rendahnya kesuburan (kurang subur).

Simptom (gejala) dari masalah kewanitaan antara lain : keputihan, nyeri waktu haid, stress dalam jangka waktu lama, cepat lelah.

7. Masalah Ginjal
Masalah ginjal (buah pinggang) yang banyak dialami adalah masalah pegal-pegal di pinggang, kencing tidak lancar, banyak menahan kencing, batu ginjal, kencing tidak keluar (edena), kencing darah, dan lain-lain. Masalah ginjal ada kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Biasanya apabila kondisi kerusakan ginjal masih di bawah 25% belum memberikan kesan rasa sakit pada diri pasien.

Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua yang menderita masalah ginjal, sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.

Seseorang yang menderita masalah ginjal biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda-tanda sebagai berikut :
• Ruas pertama seluruh jari terlihat kembung/bengkak air
• Ruas pertama jari telunjuk keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.
• Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah)
• Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.
• Mata berkantong atau mata kaki bengkak, menandakan adanya masalah ginjal dan jantung.
• Ruas ujung-ujung jari bengkok ke dalam, menandakanadanya masalah batu ginjal atau asam urat.

Simptom (gejala) yang biasa timbul pada penderita masalah ginjal antara lain : terasa sakit di pinggang, obesitas (kegemukan), kesemutan pada ujung jari, dan pernah terjatuh dalam keadaan duduk (kecelakaan).

8. Masalah Daya Tahan Tubuh
Kondisi telapak tangan yang mengindikasikan daya tahan tubuh (sistem imunitas tubuh) mengalami penurunan/rendah adalah sebagai berikut:
• Ujung jari manis terlihat bengkok. Selain itu juga terdapat masalah pada usus kecil dan usus 12 jari (masalah pencernaan). Ini ada kaitannya juga dengan masalah empedu, ulu hati, dan maag.
• Telapak tangan berwarna hitam legam, menandakan kondisi daya tahan tubuh lemah dan jelek.
• Telapak tangan cekung, menandakan sistem imunitas tubuh yang rendah, juga menandakan adanya gangguan pada saraf dalam. Jika diiringi rasa sakit di pundak/belikat, apabila terjadi pada wanita ada kaitannya dengan rahim. Jika pria ada kaitannya dengan kemampuan seks.

Ditulis oleh romansah di/pada Februari 16, 2009
http://romansah.wordpress.com/category/fisiodiagnosis/diagnosa-telapak-tangan/

1 komentar: